Malang, 12/12. Sebanyak 24 perwakilan Mahasiswa Institut Pertanian Malang(IPM) yang didampingi oleh Bapak Sumardi,S.Hut,M.Ling menanam ratusan anakan pohon disekitar Hutan lindung Coban Glota, Dalisodo, Kecamatan Wagir,Malang,Jawa Timur. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati hari menanam pohon Indonesia (HMPI) 2018.

Foto: Foto bersama usai apel pembukaan Hari Menanam Pohon Indonesia 2018
Pelaksanaan kegiatan ini dimulai dari pukul 06.30 WIB dan berakhir pukul 12.00 WIB. Hal ini sebagai bentuk partisipasi Mahasiswa IPM dan sebagai wujud kepedulian dalam memulihkan kerusakan hutan dan lahan, dalam mengurangi pemanasan global dan degradasi Daerah Aliran sungai (DAS).

HMPI kali ini terselenggara oleh Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur dengan mengahadirkan kurang lebih 500 peserta yang tergabung dari lembaga BUMN , BUMD, para relawan kehutanan, para siswa/mahasiswa dan elemen masyarakat sekitar kawasan Hutan Coban Glota. Dengan tema “Daerah Aliran Sungai Sehat (DAS) Sejaterakan Rakyat”.

Berdasarkan Keppres RI Nomor 24 Tahun 2008 ditetapkan bahwa tanggal 28 November merupakan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI). Tujuan dari diadakannya Hari Menanam Pohon Indonesia adalah untuk memulihkan kerusakan hutan dan lahan. Bapak Sumardi M.Ling selaku dosen IPM Malang sangat mengapresiasi kegiatan ini dan mengucapkan banyak terimakasih kepada Dinas kehutanan Prov. Jawa Timur yang telah mengundang mahasiswa kami untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini. Semoga kedepan lebih banyak kegiatan-kegiatan oleh Dinas kehutanan Provinsi jawa Timur yang melibatkan mahasiswa IPM”. Imbuhnya.

Foto: Para peserta HMPI dari kampus IPM saat menuju ke lahan Tanam

Lokasi Coban Glota merupan destinasi wisata yang sangat indah untuk dikunjungi, hal ini yang menjadi dasar Coban Glota menjadi lahan HMPI guna meningkatkan daya tarik wisata dan pemberdayaan Masyarakat sekitar Coban Glota. Salah satu mahasiswa IPM Malang yaitu Victorius Ocen Kurniawan menyampaikan “sangat senang sekali dapat terlibat dalam penanaman pohon disini, ini pengalaman pertama saya sebelum genap setahun saya berada di Malang. Selain itu lokasi tempat yang indah menjadikan kami mahasiswa sangat semangat untuk melakukan kegiatan penanaman pohon ini.

(by: Vic. Ocen kurniawan)